27.7 C
Indramayu
Selasa, 16 Juli 2024

BBWS Berhasil Tutup Tanggul Cipanas Yang Jebol

LOSARANG – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung berhasil menutup tanggul sungai Cipanas yang jebol akibat derasnya debit air.

Penutupan tanggul jebol ini langsung mendapat pengawasan dari Direktorat Sungai dan Pantai Kementerian Pekerjaan Umum.

“Pekerjaan di tanggul Cipanas ini kita pantau langsung hingga tuntas. Ini atensi dari pak Menteri,” jelas Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung, Ismail Widadi kepada media, Senin (01/03).

Ismail mengatakan penutupan tanggul sungai Cipanas yang terletak di blok Widara Desa Puntang Kecamatan Losarang dapat ditutup pada hari Minggu sore kemarin.

Untuk melakukan penutupan tanggul, kata Ismail, BBWS Cimancis bersama kontraktor PT. Brantas Abhipraya mengerahkan empat ekskavator dan melakukan pemasangan jumbo box.

“Standar kita dalam penanganan tanggul jebol adalah menggunakan jumbo box. Sementara, pemasangan sebelumnya hanya karung biasa sehingga membuat tanggul keropos,” Jelasnya.

Setelah tanggul tertutup secara darurat, kata Ismail akan dilanjutkan dengan pekerjaan pemasangan geo-textile. “Untuk pemasangan geo textile ini ada hitungan teknisnya sehingga tanggul tidak mudah tergerus arus sungai,” kata Ismail Widadi.

Ismail menghimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk tidak melakukan aktivitas pemasangan pipa-pipa pertanian yang dapat menimbulkan tanggul keropos dan sangat rentan jebol.

“kami menghimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas pemasangan pipa yang dapat berdampak pada tanah tanggul menjadi keropos. Yang dikhawatirkan tanggul akan jebol kembali dan berdampak besar bagi masyarakat” Jelasnya.

Sementara itu Direktur Sungai dan Pantai Kementerian PUPR, Bob Arthur Lambogia berencana akan melakukan penataan sungai Cipanas dari hulu hingga ke hilir. Dimulai dari hulu Bendungan Cipanas di Sumedang hingga wilayah hilir di bendungan sungai Cipanas 2 di Kabupaten Indramayu.

“Bila bendungan Cipanas nanti rampung, kemungkinan besar banjir seperti ini tidak akan terjadi lagi” Ungkap Bob Arthur Lambogia.

Seperti diberitakan sebelumnya tanggul sungai Cipanas yang berada di blok Widara Desa Puntang Kecamatan Losarang beberapa hari lalu jebol, yang mengakibatkan ratusan rumah di lima Desa di Kecamatan Losarang terendam banjir. (Rls/Sep)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles