24.9 C
Indramayu
Jumat, 19 Juli 2024

Disdukcapil Gandeng Diskanla dan Disdikbud Berikan Layanan Adminduk Bagi Masyarakat Nelayan

KANDANGHAUR, indramayunews.id Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indramayu memberikan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat nelayan di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur belum lama ini.
 
Layanana Adminduk yang diselenggarakan Disdukcapil ini bertempat di TPI Eretan Kulon. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi SP beserta jajaran, dan Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, H Moh. Iskak Iskandar S Sos MM beserta jajaran, dan Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu Baman S.Pd SD.
 
Kadisdukcapil Indramayu H Moh Iskak Ikandar S sos MM menjelaskan, layanan Adminduk secara mobile dengan mendatangi lokasi tempat tinggal masyarakat, merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Bupati Indramayu Nina Agustina, SH MH CRA melalui Disdukcapil sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih dekat terhadap masyarakat sehingga dapat lebih efektif.
 
Pemberian layanan dan pengurusan dokumen Adminduk yang disediakan oleh Disdukcapil bersifat tidak berbayar atau gratis.
 
“Kami bekerja sama dengan Diskanla memberikan layanan dengan mendatangi langsung tempat tinggal bapak ibu ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang optimal dalam hal adminduk,” jelasnya.
 
Disampaikan Iskandar dengan hadirnya layanan Adminduk mobile ini dapat mendorong masyarakat agar mendapat layanan administrasi kependudukan dengan melengkapi berbagai dokumen kependudukan bagi seorang WNI sesuai dengan Undang-Undang serta dapat memberikan data yang valid saat mengurus layanan kependudukan, sehingga dapat mempercepat pemrosesan layanan.
 
Bahkan warga Eretan Kulon yang mayoritas nelayan itu tampak antusias mendatangai lokasi yang sudah disiapkan Disdukcapil dan Diskanla Kabupaten Indramayu, hal itu terbukti ada 986 warga yang membuat layanan adminduk dengan rincian KTP-EL sebanyak 295 orang, Akte Kelahiran sebanyak 338 orang, Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 287 anak, Akte Kematian sebanyak 9 orang  dan KTP digital sebanyak 57 orang.
 
 “Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat baik, melebihi target, dari target 500 hari ini sebanyak 986 orang, dan pemberian layanan masih terus berjalan,” kata Iskandar.
 
Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi SP menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan bersama dengan Disdukcapil Kabupaten Indramayu dalam memberikan pelayanan adminduk bagi masyarakat nelayan di Desa Eretan Kulon. Dengan adanya kegiatan ini, dokumen kependudukan yang dimiliki masyarakat nelayan menjadi lengkap sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang.
 
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Discapil yang telah bekerja sama dengan Diskanla, dalam menghadirkan pelayanan adminduk di Desa Eretan Wetan atau tepatnya di TPI Eretan Wetan dan KUD Misaya Mina. Semoga hadirnya layanan ini dapat mempermudah masyarakat dalam melengkapi dokumen adminduk,” ucapnya.
 
Sementara itu, Kabid SD Disdikbud Kabupaten Indramayu Baman SPd SD mengatakan pihaknya sangat menyambut baik layanan jemput bola adminduk yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Indramayu bersama Diskanla Indramayu dengan. Terutama dalam pembuatan akte kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA), yang mana akte kelahiran sendiri sangat penting sebagai salah satu syarat masuk atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi bagi anak, dan KIA sendiri jadi identitas anak.
 
“Saya tadi juga berdiskusi bersama Pak Kadis Dukcapil untuk ada kegiatan update kartu keluarga (KK), karena salah satu indikator IPM salah satu dari tingkat pendidikan, dan ternyata banyak masyarakat yang tidak update data pendidikan anggota keluarga di KK, misalkan yang sudah tamat SD, lanjut ke SMP, dan seterusnya, tapi di KK masih SD, ini perlu di update,” tuturnya. (Ji)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles