29.8 C
Indramayu
Senin, 17 Juni 2024

Benarkah Covid-19 Varian Delta Sudah Masuk Indramayu

INDRAMAYU, indramayunews.id-Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu mulai mencurigai munculnya Covid-19 varian India atau varian Delta sudah masuk ke Kabupaten Indramayu. Covid-19 varian baru ini diketahui sangat mudah menyerang anak-anak.

Kecurigaan soal Covid-19 varian Delta ini sebelumnya juga disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, dr. Deden Bonni Koswara melalui via telepon, Rabu (23/06).

Deden mengatakan, kecurigaan ini karena terjadinya fenomena kondisi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 cepat sekali memburuk lalu meninggal dunia.

“Memang kecurigaan harus ada tapi tidak bisa langsung kita ambil kesimpulan, karena harus dilakukan pemeriksaan Whole Genom Sequencing (WGS),” ujar Deden.

Sementara itu, Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, untuk melakukan pemeriksaan WGS guna membuktikan apakah Covid-19 varian delta sudah masuk ke Kabupaten Indramayu masih menjadi kendala.

Di Indonesia, pemeriksaan WGS ini masih jarang dan difokuskan untuk Kabupaten/Kota tertentu saja. Bupati Nina menambahkan, Pemerintah Kabupaten Indramayu tidak memungkinkan untuk berinisiatif menyediakan alat pemeriksaan WGS karena harganya yang sangat mahal.

Nina menambahkan, tenaga yang bisa melakukan pemeriksaan WGS adalah tenaga ahli genetik Biomolekuler.

“Kalau pun iya memang terdeteksi karena virus Covid-19 varian delta juga kalau kitanya sebagai masyarakat tidak patuh Prokes, tetap saja akan meningkat terus. Untuk itu mari kita semua menjaga diri dengan meningkatkan penerapan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dari Covid-19,” pungkasnya.(Sep)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles