29.8 C
Indramayu
Senin, 17 Juni 2024

Kabar Gembira..! BLT Dana Desa Bulan ke-2 Cair Sebesar Rp 9,4 Miliar

INDRAMAYU, indramayunews.id– Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu, telah merealisasikan pencairan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) Bulan ke-2 tahun 2021 untuk 31 Kecamatan sebesar Rp9,4 miliar.

 

Luncuran program BLT DD tersebut dikucurkan sebagai program penanggulangan dampak pandemi Covid -19 guna meningkatkan daya beli masyarakat desa dengan perolehan bantuan dana BLT sebesar Rp 300 ribu per KPM per bulan.
Seperti diketahui, BLT DD sebelumnya sudah dicairkan BKD Indramayu bulan ke-1 sebesar Rp 16,7 miliar untuk 309 desa di Kabupaten Indramayu.

 

Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) kabupaten Indramayu, Ahmad Syadali melalui Kepala Sub Bagian Keuangan BKD Kabupaten Indramayu, Ali Siswoyo, mengatakan, pencairan BLT DD tersebut terbilang ada keterlambatan, mengingat beberapa konsentrasi Pemerintah Desa sebelumnya dalam penanganan Pemilihan Kuwu (Pilwu) dan lambatnya pelaporan aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara atau yang biasa disebut Aplikasi OM SPAN.

 

“Jika Desa setelah pencairan BLT DD cepat membuat laporan ke OM SPAN, dalam minggu depan sudah bisa dicairkan dalam seminggu dua kali,” kata Ali di kantornya, Senin (28/06).

 

Ali menjelaskan, proses pencairan Dana Desa tahun 2021 mengacu pada ketentuan PMK nomor 222/PMK.07/2020 tentang pengelolaan Dana Desa. Namun pada pelaksanaannya, penyaluran DD tersebut, ada untuk Desa Reguler dan Desa Mandiri yang memiliki mekanisme pencairan masing-masing. (Jal)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles