27.6 C
Indramayu
Selasa, 16 April 2024

Lawan Covid-19 Lewat Tradisi Baritan, Menolak Bala

INDRAMAYU, indramayunews.id– Cegah penyebaran Covid-19 yang makin meningkat, Warga Blok Tegur Pesisir Pantai Tiris (Paris) Desa Pabean Ilir melakukan Ritual Baritan sebagai tolak bala serta ikhtiar permohonan kepada Gusti Allah (Tuhan) agar dijauhkan dari segala marabahaya. Jumat, (01/07)

Atas instruksi dari juru Kunci dan sesepuh Sumur Tiris kepada Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) Blok Tegur, Kamis malam Jumat ini, masyarakat setempat melakukan tradisi turun temurun yang disebut Baritan.

 

“Tradisi ini sudah lama kita lakukan. Jika ada tanda-tanda bahaya seperti penyebaran Covid-19 ini, segera kami adakan Baritan ini. Akhir-akhir banyak yang sakit dan meninggal dunia. Intinya Baritan ini adalah doa bersama agar dijauhkan dari segala keburukan.” Ungkap Ketua RT 20 RW 05 Blok Tegur Sarja.

 

Masyarakat berkumpul di tiga jembatan saluran air di masing-masing RT terdekat. Mereka membawa tumpeng berisi lauk pauk dan buah-buahan serta beberapa uang receh.

 

Kemudian tokoh agama memimpin tahlil dan dzikir secara berjamaah diikuti oleh warga. Ada juga makan bersama pasca dzikir. Setelah itu ada ‘surak’ (menabur uang receh) ke anak-anak atau masyarakat yang hadir sebagai simbol ‘lebar’ (pembebasan bencana).

 

Terakhir sesepuh mengarak dari ujung jembatan ke ujung yang lain sembari mengucapkan kalimat tahlil (La Illaha Illallah) untuk mengusir segala roh jahat dan bala atau keburukan dari kampung.

 

“Sebenarnya ini adalah warisan dakwah dari para wali zaman dulu salah satunya Syekh Syarif Durakhman. Tradisi Hindu yang diubah bacaannya menjadi dzikir”. Terang salah satu Sesepuh Kadirah. (Jal)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles