28.8 C
Indramayu
Selasa, 16 April 2024

Pertamina Targetkan Panen 1 Ton Mangga Agrimania Melalui Binaannya 

INDRAMAYU, indramayunews.id – Kabupaten Indramayu merupakan daerah penghasil buah mangga kualitas terbaik. Tidak hanya mangga Gedong dan mangga Cengkir saja yang menjadi unggulan, namun  mangga Agrimania yang merupakan varian baru sejak beberapa tahun lalu juga terus memikat perhatian banyak konsumen di Indonesia.
 
Melihat prospeknya yang terus bagus di pasaran, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pun terus berusaha agar program Mangoes Centre yang dijalankan  dengan memberdayakan kelompok  masyarakat Indramayu bisa memberikan hasil yang maksimal, salah satunya yaitu dengan melakukan perawatan terhadap kebun mangga Agrimania.
 
Perawatan tersebut dilakukan di 2 (dua) lokasi Mangoes Centre, yakni di Perumahan Pertamina Bumi Patra dan di Mangoes Centre Desa Rawa Dalem dengan melakukan penyemprotan Pestisida yang bertujuan untuk menghindari hama, ulat, maupun lalat buah yang bisa merusak tanaman maupun buah, Jum’at (15/10).
 
Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI Unit Balongan Imam Rismanto menuturkan, Mangoes Centre  merupakan salah satu program  unggulan CSR PT KPI Unit Balongan karena memiliki prospek yang bagus, sebab selain proses pembudidayaannya yang tidak rumit, harga jual di pasaran juga cukup tinggi yaitu bekisar antara Rp 85-100 ribu perkilonya.
 
“Alhamdulillah mangga Agrimania yang dibudidayakan mitra binaan kami saat ini cukup berhasil, dan kami menargetkan pada akhir tahun nanti bisa panen hingga 1 Ton lebih,” tutur Imam.
 
Imam juga menjelaskan, saat ini ada dua kelompok tani binaan dalam membudidayakan mangga Agrimania, yakni kelompok Tani Wong Tanggul Ceblok (WTC) yang membudidayakan 400 pohon di Perumahan Pertamina Bumi Patra, dan Kelompok Rambutan Jaya 1 yang membudidayakan 250 pohon di Desa Rawa Dalem.
 
Upaya perawatan dengan penyemprotan, pembungkusan buah dilakukan guna  mengendalikan serangan lalat buah dan hama lainnya serta untuk melindungi buah dari kerusakan tekstur, menghindari terkena sinar matahari secara langsung, serta guna  mencerahkan warna kulit pada buah.
 
Pihaknya berharap, melalui program pemberdayaan masyarakat sekitar melalui budidaya mangga Agrimania ini bisa turut membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar.
 
Ketua Kelompok Tani WTC Nurmelodi merasa bersyukur CSR Pertamina Balongan memberdayakan kelompoknya untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar Perumahan Pertamina  Bumi Patra untuk pembudidayaan mangga Agrimania.
 
Dikatakannya, program yang diberikan Pertamina RU VI ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani, sebab pendampingan yang diberikan pihak Pertamina dilakukan secara berkelanjutan, bahkan kelompok diberi bantuan dalam penyediaan pupuk pestisida serta perangkat solar cell guna memaksimalkan hasil budidaya mangga tersebut.
 
“Mudah-mudahan hasil panennya nanti bagus sehingga hasil penjualannya bisa menjadi penambah perekonomian anggota kelompok tani kami,” harap Nurmelodi. (wri)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles