24.9 C
Indramayu
Jumat, 19 Juli 2024

Karang Taruna Sinergi Dengan Petani Peduli Lingkungan dan UMKM

JUNTINYUATindramayunews.id – Dalam rangka peduli terhadap lingkungan, pengurus Karang Taruna Desa Segeran bersama pengurus Kecamatan Juntinyuat menggelar kegiatan penanaman pohon pucuk merah di sepanjang bantaran kalibotok Blok Carik Desa Segeran, Jum’at (04/12) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pengurus Karang Taruna Kecamatan Kholis dan Kabupaten Indramayu yang juga seksi perekomomian yaitu Arwahdinata, ketua kelompok tani desa setempat yaitu Jaenuri serta tokoh pemuda desa setempat Aas.
 
Menurut Arwahdinata mengatakan, kegiatan ini juga merupakan bentuk sinergitas antara Karang Taruna dan Kelompok Tani dalam upaya mengatasi terjadinya abrasi di sepanjang kali botok. Selain itu, penanaman pohon itu juga merupakan dalam rangka penghijauan untuk mengurangi polusi udara di sekitar lokasi.
 
“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Karang Taruna terhadap lingkungan dan sekaligus sebagai upaya preventif dalam menanggulangi bencana abrasi sungai dan tanggul jebol, sehingga perlu adanya perhatian khusus sebelum terjadi,” ujar Arwahdinata.
 
 
Selain menanam ratusan pohon pucuk merah, kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pengenalan produk UMKM berupa makanan khas Desa Segeran yaitu Tumpi atau makanan yang terbuat dari tepung beras, makanan ini merupakan makanan ringan yang dibuat oleh masyarakat setempat sebagai makanan khas turun temurun dar jaman nenek moyang desa tersebut.
 
Sementara sebagai bentuk upaya dalam mengatasi meningkatnya gangguan hama pada tanaman padi, kelompok tani desa setempat menanam Bunga Repujia dalam menangkal hama yang mengganggu tanaman padi di sekitar desa setempat.
 
“Tanaman Bunga Repuji ini merupakan tanaman langka yang manfaatnya besar sekali dalam menangkal hama yang merusak tanaman padi hingga tanaman produktif lainnya, yang menjadi salah satu penghasilan para petani sekitar,” (Wri)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles