24.2 C
Indramayu
Sabtu, 22 Juni 2024

Seperti Ini Pengelolaan Pantai Legenda Tirtamaya

INDRAMAYU, indramayunews.id – Warga objek wisata Pantai Tirtamaya di Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat, meminta kepastian pengelolaan objek wisata Pantai Legenda Tirtamaya, Rabu (5/1). Hal ini terkait pengambilalihan pengelolaan Pantai Tirtamaya, oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

 

 

Sejumlah pedagang dan pekerja perahu wisata, mengeluhkan kondisi ini. Menurut mereka, penutupan Pantai Tirtamaya, akan sangat berdampak pada penghidupan mereka.

 

“Kalau ditutup, kami mau makan apa? Dari Pantai Tirtamaya ini, kami bisa mendapatkan penghasilan untuk menghidupi keluarga kami,” ungkap Kolil (40), salah seorang pekerja perahu wisata.

 

Hingga kini, objek wisata Pantai Tirtamaya masih ramai pengunjung. Tidak hanya dari wilayah Kabupaten Indramayu, pengunjung juga berasal dari wilayah 3 Cirebon.

 

“Masih ramai pengunjung. Kalau dihitung, jumlah pengunjung tiap harinya tak kurang dari 750 orang,” terang Koordinator Pengelola Wisata Pantai Tirtamaya, H Zaenul Amin.

 

 

Ditambahkannya, kondisi pengelolaan Pantai Tirtamaya ibarat buah simalakama. Di satu sisi, warga Tirtamaya yang terdiri dari pedagang dan pekerja perahu wisata, butuh keberlangsungan pengelolaan. Di sisi lain, butuh pengawasan dari petugas pengelola demi keselamatan pengunjung.

 

“Kalau ditutup, tentunya akan mematikan usaha mereka yang selama ini menggantungkan penghasilan dari Tirtamaya. Sementara kalau dibuka, sudah 2 hari ini tidak ada satu pun petugas dari Disbudpar yang berjaga,” imbuhnya.

 

Ia pun meminta Pemkab Indramayu, untuk segera memberikan kepastian terkait pengelolaan objek wisata Pantai Tirtamaya. Sehingga tidak ada kesan lempar tanggung jawab, atas pengelolaan objek wisata Pantai Tirtamaya.

 

“Itu haknya Pemkab Indramayu. Kalau warga di sini sih ingin lokasi wisata ini tidak ditutup,” pungkasnya.

 

Sebelumnya, Pemkab Indramayu melalui Disbudpar mengambil alih sepenuhnya pengelolaan objek wisata Pantai Tirtamaya. Per 31 Desember 2021, pihak swasta tidak lagi mengelola objek wisata yang telah menjadi legenda dunia pariwisata di Kabupaten Indramayu. (Cup)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles