28.8 C
Indramayu
Selasa, 16 April 2024

Tirtamaya.. Masihkah Menjadi Pantai Legenda Nan Bersejarah?

INDRAMAYU, indramayunews.id – Pengelolaan objek wisata Pantai Tirtamaya di Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, kini telah beralih. Pemerintah Kabupaten Indramayu telah mengambil alih langsung pengelolaan, setelah sebelumnya dilaksanakan oleh pihak swasta.

 

Hal ini disampaikan Koordinator Pengelola Wisata Pantai Tirtamaya, H Zaenul Amin, Rabu (5/1). Menurutnya, sejak awal tahun 2022, Pemkab Indramayu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) telah mengambil alih pengelolaan objek wisata Pantai Tirtamaya.

 

“Per 31 Desember 2021, merupakan hari terakhir pihak swasta mengelola pantai. Dan setelahnya, itu menjadi tanggung jawab Pemkab Indramayu sepenuhnya,” ungkapnya.

 

Ditambahkan Zainul, Pemkab Indramayu belum menentukan pihak yang akan melanjutkan pengelolaan Pantai Tirtamaya. Karena hingga kini, Pemkab Indramayu belum melaksanakan tender lelang pengelolaan objek wisata Pantai Tirtamaya.

 

“Masih dipegang langsung oleh Disbudpar Indramayu. Dari informasi yang saya terima sih masih menunggu payung hukum pelaksanaan tender lelang nantinya,” imbuhnya.

 

Sebagai pengelola lama objek wisata Pantai Tirtamaya, pihaknya mendukung setiap langkah upaya Pemkab Indramayu dalam memajukan dunia pariwisata di Kabupaten Indramayu. Salah satunya mengambil alih pengelolaan objek wisata Pantai Tirtamaya.

 

“Harus didukung. Apa lagi ini semua dilakukan Pemkab Indramayu untuk memajukan Pantai Tirtamaya,” tegasnya.

 

Ia bahkan akan menyerahkan aset terkait Pantai Tirtamaya yang diklaim milik pribadi, kepada Pemkab Indramayu. Menurutnya, aset yang dimaksud memiliki nilai total lebih dari Rp1,8 miliar.

 

“Ada sekitar 34 item, dengan total nilai hampir Rp1,9 miliar. Dengan penyusutan rata-rata 28-29 persen, nilainya mungkin berkurang menjadi hanya di kisaran Rp1,3 miliar lebih saja,” pungkasnya.

 

Kini, semuanya ada di tangan Pemkab Indramayu. Apakah Tirtamaya akan semakin melegenda? Atau kah hanya menjadi pantai kenangan, yang tersisih seiring kemunculan sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Indramayu.

 

Untuk diketahui, Pantai Tirtamaya merupakan objek wisata pantai di Kabupaten Indramayu yang sangat melegenda. Konon, dahulu pantai bersejarah ini merupakan tempat perlabuhan Ki Buyut Tuban, murid dari Sunan Bonang yang diutus untuk menyebarkan Islam di wilayah Jawa Barat bagian barat. Dan hingga kini, Pantai Tirtamaya masih menjadi primadona pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai di Kabupaten Indramayu.(Ucp)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles