29.8 C
Indramayu
Senin, 17 Juni 2024

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Bank Indonesia Salurkan Sarana Pertanian di Indramayu

CIKEDUNG, indramayunews.id – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Cirebon menyalurkan bantuan sarana pertanian kepada Koperasi Gapoktan Tani Mulus Desa Mundak Jaya Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu, Rabu (27/1). Hal ini dilakukan guna meningkatkan produktivitas pertanian, dalam rangka mewujudkan swasembada komoditas pertanian.

 

Pada sambutannya, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA mengungkapkan, Pemkab Indramayu selalu berupaya memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki. Sehingga akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, termasuk pengoptimalan fungsi koperasi dalam memanfaatkan sumber daya alam.

 

“Karena sebesar apa pun sumber daya yang dimiliki, jika tidak dimanfaatkan dan dikembangkan dengan baik, maka semuanya akan sia-sia,” tuturnya.

 

Disebutkannya, salah satu klaster pertanian di Kabupaten Indramayu yang telah menerima manfaat dari program CSR (Coorporate Social Responsibility) Bank Indonesia adalah Gapoktan Tani Mulus. Dukungan dari salah satu lembaga negara yang independen ini, diharapkan menjadi motivasi dalam upaya penguatan kelembagaan dan pengembangan usaha koperasi.

 

“Terima kasih dan apresiasi kepada Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon. Yang telah berkenan memberikan pendampingan usaha terhadap klaster pertanian, pemberdayaan ekonomi pondok pesantren dan kemajuan UMKM di Kabupaten Indramayu” imbuhnya.

 

Pada akhir sambutannya, Bupati Nina berharap kepada pengurus Gapoktan Tani Mulus agar senantiasa berinovasi agar menjadi lembaga yang terus memberikan manfaat, khususnya bagi anggotanya. Sehingga akan menjadi bagi gapoktan lain yang ada di Kabupaten Indramayu.

 

“Terus berinovasi dengan melakukan banyak terobosan. Sehingga Indramayu sebagai lumbung padi nasional, selalu dipertahankan dalam rangka mewujudkan Indramayu Bermartabat,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, Koperasi Gapoktan Tani Mulus merupakan salah satu binaan BI KPw Cirebon yang bergerak dalam bidang produksi beras (Premium, Merah, Hitam dan Aromatik) serta pembiayaan on farm dan PPOB. Koperasi yang beranggotakan petani di 3 kecamatan, yakni Cikedung, Terisi dan Kecamatan Lelea ini, satu pintu dalam pemenuhan kebutuhan pertanian seperti ketersediaan benih, pupuk serta obat-obatan pertanian.(IN-012)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles