27.9 C
Indramayu
Minggu, 21 April 2024

Bupati Nina Raih AK-PWI Award Hingga Tari Topeng Kelana Gandrung

KENDARI, indramayunews.id – Rangkaian jelang acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang dilaksanakan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), dimeriahkan oleh sejumlah tari tradisional dan kesenian khas Indramayu, seperti tari topeng Kelana Gandrung dan Kesenian Berokan pada acara Gala Dinner HPN, di Rumah Dinas Gubernur Sultra H Alu Mazi SH, Senin (7/2).

 

Tari topeng Kelana Gandrung itu langsung dibawakan oleh Bupati Indramayu Hj Nina Agustina Da’i Bachtiar SH MH CRA, ditemani oleh dua penari lainnya yaitu Rani, yang merupakan cucu sang maestro tari topeng Indramayu Almarhunah Mimi Rasinah dan Maya salah satu ajudan Bupati Indramayu.

 

Bupati Nina menjadi buah bibir para tamu undangan yang hadir, pada rangkaian acara Pembukan malam puncak HPN.

 

Putri mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn.) Prof  Da’i Bachtiar, dengan enerjik dan menjiwai dalam menampilkan tari topeng Kelana Gandrung tersebut.

 

Bahkan, secara spontanitas susana acara Gala Dinner lebih meriah, setelah Bupati Nina ditemani dua penari lainnya menampilkan tari tradisional khas Indramayu yang dikenal mancanegara itu, di hadapan para tamu undangan.

 

 

Anak sulung mantan Kapolri Da’i Bachtiar itu semasa sekolahnya telah menggeluti sastra (puisi) dan marching band, sehingga ia tak aneh dengan membawakan tarian khas daerahnya. Dalam membawakan tari tradisional itu ia benar-benar profesional dan sesuai dengan iringan suara gamelan yang ditabuh oleh para panjak.

 

Para tamu undangan tampak terhipnotis oleh penampilan tarian topeng Bupati Nina. Namun sayangnya waktunya harus dibatasi oleh pihak panitia.

 

Namun beberapa detik sebelum tari topeng itu selesai, langsung dilanjutkan dengan kesenian berokan yang muncul dari beberapa sudut tempat duduk para tamu undangan, sehingga acara itu semakin semarak dan memukai dengan penampilan kesenian khas Kota Mangga yang hampir punah tersebut.

 

Setelah melihat persembahan tari topeng yang dibawakan oleh Bupati Indramayu dan kesenian Berokan, kemudian para tamu undangan kehormatan langsung diberikan selendang Batik Paoman khas Indramayu.

 

Wajar saja kalau Bupati Nina akan penerima Anugerah Kebudayaan-Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) Pusat 2022 pada acara puncak HPN di lapangan Majid Al-Alam Kota Kendari. Sebelumnya akan dihelat Rumah Dinas Gubernur Sultra, tetapi melihat wabah Covid 19 jenis Comikron kembali mencuat dan mengancam keselanat jiwa. Hal itu yang menjadi alasan panitia memindahkan puncak acara HPN.

 

Puncak HPN yang semula akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo juga batal hadir . Orang nomor satu di Indonesia melalui  zoom meeting. Ketua Dewan Pers Moh Nuh dan Ketua PWI Pusat Atal S Depari menyampaikan apresiasi kepada Bupati Indramayu.”Penampilan tari topengnya sangat luar biasa,”pungkasnya. (IN-012)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles