28.1 C
Indramayu
Senin, 17 Juni 2024

Cara Kreatif Anggota Polres Indramayu Dirikan Bank Sampah di Desa Karanganyar

INDRAMAYU, indramayunews.id – Bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni, Aipda Daryani, anggota Polres Indramayu, mengambil langkah inovatif untuk memperbaiki sistem pengelolaan sampah di Desa Karanganyar, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sebagai pembina Bank Sampah Insan Sinergi Indonesia, Aipda Daryani menekankan pentingnya pemulihan lingkungan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. “Kami melakukan pemilahan sampah dan menjalankan Bank Sampah ini dengan kesadaran bahwa kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita semua,” ujarnya, Rabu (5/6/2024).

Aipda Daryani menyatakan bahwa bank sampah dapat menjadi sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilahan sampah. “Dalam kolaborasi ini, kami berperan untuk meningkatkan kapasitas pengurus dan manajemen Bank Sampah, agar nantinya mereka dapat memiliki sistem yang lebih baik,” terangnya.

Menurutnya, pengurus-pengurus pelaksanaan dan nasabah Bank Sampah yang terlibat juga berasal dari warga sekitar yang memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga lingkungan tetap bersih dari pencemaran sampah. Aipda Daryani juga menambahkan bahwa meskipun banyak orang menganggap sampah sebagai barang kotor dan menjijikkan, sampah memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika dikelola dengan benar. “Pengelolaan sampah harus dilakukan dari tingkat terkecil seperti individu dan rumah tangga sampai ke tingkat nasional, untuk meminimalkan bahkan meniadakan sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Jika dikelola dengan benar, sampah juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi,” jelasnya.

Sejalan dengan tema dari The United Nations Environment Programme (UNEP), Indonesia mengusung tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan” untuk Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) tahun ini. “Saya, Aipda Daryani dari Polres Indramayu, mengucapkan Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia,” sebagai wujud komitmennya terhadap pelestarian lingkungan,” kata Aipda Daryani.

Selain menjadi pembina Bank Sampah, Aipda Daryani juga mendirikan Yayasan Insan Sinergi Indonesia (YISI), yang membuka warung makan gratis setiap minggu di wilayah Kecamatan Pasekan, Indramayu. Sementara itu, Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar melalui Kasi Humas Polres Indramayu, Iptu Junata, mengatakan bahwa Polres Indramayu mendukung penuh kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh anggotanya. “Kita berharap kegiatan seperti ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk peduli dan terlibat dalam pelestarian lingkungan,” tuturnya, Jumat (7/6/2024).

Dengan upaya berkelanjutan dari pihak kepolisian dan masyarakat, diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan akan semakin meningkat, serta pengelolaan sampah yang baik dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat setempat. (DRA)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles