24.9 C
Indramayu
Jumat, 19 Juli 2024

Kerap Jebol Akibat Debit Air Naik, Tanggul Kali Sindupraja Baru Diperbaiki

INDRAMAYU, indramayunews.id – Jebolnya tanggul Sungai Sindupraja di Desa Gedangan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu. Mulai diperbaiki, petugas mendatangkan dua unit alat berat, untuk membuat bendungan atau Dam, Senin (14/06). Sementara, jebolnya tanggul Sindupraja ini merupakan kali ketiga selama beberapa minggu terakhir.

Jebolnya tanggul Sungai Sindupraja yang berada di Desa Gedangan Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, mulai diperbaiki, petugas dari Balai Besar Waduk dan Sungai Cimanuk Cisanggarung, menerjunkan dua unit alat berat, Beko, untuk menanggulangi kerusakan tanggul.

Proses Pengerjaan Dengan Alat Berat

Dengan menggunakan karung besar, petugas mengisi karung karung tersebut dengan menggunakan tanah, sementara untuk mempermudah proses pengerjaan, petugas membuat dam atau pembatas air.

Sementara itu, Juru Pengairan Kecamatan Kertasmaya DPUPR Indramayu Tarya, menjelaskan, kerusakan tanggul merupakan kali ketiga, sehingga petugas harus menghentikan sementara debit air, agar tidak pemperparah kerusakan tanggul.

Sementara itu, Plt Sekretaris BPBD Kabupaten Indramayu, Dr. Caya yang dihubungi melalui pesan singkat menuturkan. Kondisi tanggul jebol di Saluran Induk Sindupraja Desa  Gedangan Kecamatan Sukagumiwang, memeng sedikit menghambat pasokan aliran air selama satu minggu di 2 eks Kawedananan yaitu Eks Kawedanan Jatibarang  dan Eks Kawedanan Karangampel. Namun demikian, hal itu untuk kebaikan bersama, agar petugas dapat dengan cepat memperbaiki tanggul yang jebol.

Sebelumnya, sekitar sepekan lalu, tanggul sindupraja mengalami jebol karena tidak kuat menahan debit air yang mengakibatkan terkikisnya tanggul Sungai Sindupraja.(Rhj)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles