29.1 C
Indramayu
Jumat, 21 Juni 2024

Kelompok Tani Milenial Jaya Buat  GERDAL Basmi Hama Padi

CIKEDUNG, indramayunews.id – Para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Milenial Jaya Desa Mundak Jaya,  Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, membentuk tim Gerakan Pengendalian (GERDAL) hama wereng penggerek batang dan sundep pada lahan pertanian di Blok Badak Desa Mundak Jaya, Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu, Rabu (16/06).

Upaya pemberantasan hama itu dilakukan beberapa kali oleh tim Gerakan Pengendalian hama baik secara swadaya para petani bersama Kelompok Tani Milenial Jaya, maupun bantuan dari Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cikedung, dengan hasil yang cukup memuaskan.

Menurut Ketua Kelompok Tani Milenial Jaya, Ismail yang didampingi sekretaris Kelompok Tani  Jaenudin mengatakan,  gerakan pengendalian hama itu sudah dilakukan beberapa kali, mulai dari persiapan tanam hingga pemeliharaan tanaman padi, kegiatan para petani ini sudah dilakukan hingga 4 kali dengan hasil yang cukup baik.

“Sampai hari ini sudah empat kali para petani melaksanakan gerakan pengendalian tersebut. Sedangkan kerjasama antara petani dengan pihak Dinas Pertamian sudah dua kali ini melakukan gerakan pengendalian hama, mulai hama wereng, sundem dan hama lainnya yang merusak tanaman padi”, Ungkap Ismail.

Perkembangan hama wereng penggerek batang ini sangat cepat, apalagi di musim tanam kedua atau musim gadu, dengan varietas padi yang didominan varietas padi lokal yang tidak tahan serangan hama wereng penggerek batang dan sundep.

Ismail juga mengungkapkan, kegiatan ini merupakan uji coba yang di lakukan di lahan pertanian seluas sekitar 1 hektar, sedangkan target pengendalian oleh Kelompok Tani Milenial Jaya akan dilakukan di lahan 125 ha.

“Alhamdulillah, untuk hama tikus nyaris tidak ada alias nihil. Saat ini, hanya hama penggerek batang dan sundep yang kita waspadai dan kita kendalikan,” Ungkap Ismail.(Rhj)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles