26.7 C
Indramayu
Selasa, 16 Juli 2024

Begini Nasib Pedagang di Pantai Tirtamaya

INDRAMAYU, indramayunews.id – Seratusan orang yang menggantungkan hidup dari objek wisata Pantai Tirtamaya di Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat, kini kehilangan mata pencaharian. Mereka tak tahu harus berbuat apa untuk menghidupi keluarga, pascapenutupan objek wisata Pantai Tirtamaya oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu.

 

Keluhan salah satunya disampaikan Mahmud (41). Pria yang sehari-hari berjualan mie ayam di Pantai Tirtamaya ini, terpaksa “merumahkan diri”. Pasalnya, tempat usaha untuk menafkahi keluarga selama ini, untuk sementera tidak beroperasi.

 

“Mau tidak mau kami harus ikuti aturan yang ada. Tidak tahu juga anak istri mau makan apa,” ungkapnya kepada indramayunews.id, Jumat (7/1).

 

Menurutnya, ada 100 orang lebih yang selama ini menggantungkan penghidupan dari objek wisata Pantai Tirtamaya. Selain pedagang, mereka merupakan karyawan serta sejumlah penyedia layanan jasa bagi pengunjung Pantai Tirtamaya.

 

“Kebanyakan adalah pedagang dan karyawan. Ada juga penyedia jasa penyewaan tikar, ban atau perahu mainan, penyedia layanan kamar bilas serta pekerja perahu pariwisata,” jelasnya.

 

Hal yang sama diungkapkan Sihabudin (35), salah seorang pekerja perahu pariwisata. Menurutnya, penutupan sementara Pantai Tirtamaya oleh Pemkab Indramayu, sangat berdampak bagi banyak orang. Terlebih saat pemerintah berupaya memulihkan perekonomian, di masa pandemi Covid-19.

 

“Sebelumnya ditutup karena Covid, sekarang ditutup lagi karena belum ada pengelolanya. Ya mau gimana lagi, kita harus ikuti aturan yang ada,” ujarnya.

 

Ia pun berharap Pemkab Indramayu segera membuka kembali objek wisata Tirtamaya. Sehingga dapur mata pencaharian bagi keluarga mereka, bisa kembali mengasap.

 

“Saya pribadi dan mewakili rekan yang lain, berharap Pemkab Indramayu membuka dan mengoperasikan kembali Pantai Tirtamaya. Kalau ditutup sampai menunggu ditetapkannya pengelola yang baru, keluarga kami mau makan apa?,” pungkasnya.

 

Sebelumnya, puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Indramayu, menutup objek wisata Pantai Tirtamaya di Desa Juntikedokan Kecamatan Juntinyuat, Kamis (6/1). Di pintu masuk objek wisata, terpampang spanduk pengumuman penutupan berukuran 4 kali 2 meter.

 

Satpol PP Kabupaten Indramayu, bahkan harus menggembok gerbang Pantai Tirtamaya. Penutupan dilakukan, sambil menunggu penetapan pihak pengelola Pantai Tirtamaya, oleh Pemkab Indramayu.(Ucp)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles