26.7 C
Indramayu
Selasa, 16 Juli 2024

Jadi Rujukan Kabupaten Cilacap, Bupati Nina Bangga dengan Ekowisata Karangsong

INDRAMAYU, indramayunews.id – Bupati Cilacap, H Tatto Suwarto Pamuji melaksanakan studi banding ke Ekowisata Mangrove Desa Karangsong Kecamatan Indramayu. Ia berniat mengembangkan program hutan mangrove di Kabupaten Cilacap, dengan banyak belajar dari pengembangan mangrove di Ekowisata Mangrove Karangsong.

 

Hal ini disampaikan Bupati Tatto, saat mengunjungi Ekowisata Mangrove Karangsong, Senin (31/1). Menurutnya, pengelolaan hutan mangrove di Kabupaten Indramayu memiliki ciri khas tersendiri.

 

“Di sini terdapat ribuan pohon mangrove dari beragam jenis. Dan tentunya menjadi habitat bagi puluhan spesies burung,” tuturnya.

 

Ia bahkan tak sungkan mengagumi Ekowisata Mangrove Karangsong. Menurutnya, destinasi wisata di Kabupaten Indramayu ini telah menjelma sebagai kawasan hutan mangrove terbesar di Jawa Barat.

 

“Cilacap harus banyak belajar dari Ekowisata Mangrove Karangsong. Untuk itu, kami datang kes sini sebagai bagian dari rencana pengembangan program hutan mangrove di Kabupaten Cilacap,” jelas bupati yang berlatar belakang sebagai pebisnis handal.

 

Sementara itu, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA, mengaku bangga dengan perkembangan Ekowisata Mangrove Karangsong. Keberhasilan dari pengembangan hutan mangrove, bahkan bisa menjadi rujukan daerah lain untuk mengembangkan kawasan hutan mangrove.

 

“Harus selalu dijaga agar tetap lestari dan menjadi habitat bagi flora dan fauna yang ada. Karena betapa sulitnya merintis Ekowisata Mangrove Karangsong, kendala segala hambatan dan kendalanya,” pungkasnya.

 

Selain jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Indramayu, turut hadir dalam kegiatan ini General Manager Pertamina RU VI Balongan, Diandoro Arifian serta General Manager RU IV Cilacap, Arief Budiyanto.

 

Untuk diketahui, Ekowisata Mangrove Karangsong saat ini menjelma menjadi destinasi wisata favorit di Kabupaten Indramayu. Di lahan seluas 20 hektare ini, ribuan pohon mangrove dari beragam jenis tumbuh subur dan menjadi kawasan hutan mangrove terbesar di Jawa Barat.

 

Selain tempat wisata, Ekowisata Mangrove Karangsong merupakan wahana khusus pembelajaran keanekaragaman hayati tamanan mangrove, yang menjadi habitat bagi puluhan spesies burung. Di sini, pengunjung bisa mengenal lebih banyak jenis mangrove, cara pembibitan hingga cara penyemaian. (IN-011)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles