27.7 C
Indramayu
Selasa, 16 Juli 2024

Musim Pancaroba, Masyarakat Perlu Waspadai Hal Ini

INDRAMAYU, indramayunews.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan di masa pancaroba. Kondisi hujan tidak merata dengan intensitas yang berbeda, berpotensi mengakibatkan cuaca ekstrem.

 

Pada masa peralihan musim ini, salah satu yang perlu diwaspadai adalah hujan lebat dengan durasi singkat yang biasanya terjadi pada siang hingga sore menjelang malam hari. Hal ini juga bisa disertai kilat (petir), angin kencang, bahkan fenomena hujan es.

 

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan lebih berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Sejumlah bencana yang bisa saja terjadi diantaranya adalah banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan sebagainya.

 

Dalam hal ini, masyarakat yang berada di wilayah rawan banjir dan longsor dituntut untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Khusus di wilayah Kabupaten Indramayu, kewaspadaan diperlukan oleh masyarakat yang bermukim di sekitar daerah aliran sungai (DAS).

 

Untuk mendapatkan informasi terkini terkait perkembangan cuaca, masyarakat bisa mengakses sejumlah layanan informasi cuaca dari BMKG. Layanan 24 jam itu diantaranya melalui:

 

– call center 021-6546315/18
– https://www.bmkg.go.id
– follow media sosial @infoBMKG
– aplikasi iOS dan android “Info BMKG”
– menghubungi kantor BMKG terdekat. (IN-011)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles