30.3 C
Indramayu
Senin, 15 April 2024

Pertamina Atasi Tumpahan Minyak di Perairan Balongan

BALONGAN, indramayunews.id – Pertamina menangani tumpahan minyak yang terjadi di perairan Balongan Kabupaten Indramayu, Jumat (18/3). Selain melokalisasi tumpahan minyak, perbaikan dilakukan pada titik kebocoran.

 

Menurut Section Head Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Fahrougi Andriani, kebocoran berasal dari Pipa Sub Marine Pipe Line (SPL) di Perairan Jetty Cargo Integrated Terminal Balongan. Hal ini terjadi, saat tanker pembawa produk jenis Solar melakukan proses discharging ke Tangki Integrated Terminal Balongan.

 

“Tim Integrated Balongan dan Pertamina Transkontinental fokus menangani tumpahan minyak di perairan. Kini tengah dilakukan perbaikan pada titik kebocoran,” tuturnya.

 

Ditambahkannya, tim juga telah menyemprotkan dispersant, dengan menggunakan Oil Absorbent (penyerap tumpahan minyak) dan Oil Boom (melokasilasi tumpahan minyak) di perairan serta pantai Balongan. Pertamina juga mengambil sampel minyak di pantai dan sekitar anjungan Jetty Balongan.

 

“Agar ceceran minyak bisa ditangani dan tidak meluas ke perairan lainnya. Kami juga berkoordinasi dengan Dins Lingkungan Hidup, untuk meneliti sampel minyak,” jelasnya.

 

Penanganan selanjutnya akan dilakukan oleh Tim Bawah Air. Hal ini dilakukan, untuk melakukan penutupan serta perbaikan pada titik kebocoran pipa.

 

“Mudah-mudahan bisa segera diatasi. Dan Pertamina memastikan pasokan serta distribusi BBM dan LPG di wilayah Jawa Barat, dalam kondisi aman dan tidak terdampak dengan kejadian ini,” pungkasnya. (IN-011)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

10,540FansSuka
1,787PengikutMengikuti
1,871PelangganBerlangganan

Latest Articles